Masalah Starter Suzuki Forsa, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start Suzuki Forsa

Selamat datang kembali Forsa mania,
Kembali lagi dengan saya admin yang selalu membagikan informasi dan tips seputar suzuki forsa. Kali ini saya akan bahas tentang Masalah Starter Suzuki forsa, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start Suzuki Forsa. Janganlah anda panik terlebih dahulu, karena mobil anda tiba-tiba tidak dapat starter.

Sebagai langkah awal untuk mendiagnosa Yang perlu anda kerjakan yaitu pelajari gejala2 yang timbul waktu starter tidak ingin bekerja, dari gejala2 itu bisa di tebak kemungkinan sumber rusaknya.

Gejala2 tanda-tanda yang kerap nampak pada waktu kita start diantaranya :
1. Lampu indikator battery serta Oli pada dashboard tak menyala sekalipun. 75%, kabel accu/battery
    longgar atau lepas, Sikring/Fuse utama putus, kemungkinan lain yaitu kepala aki kotor atau aki anda
    terkuras keseluruhan setrumnya (jarang sekali terjadi).
2. Lampu indikator battery serta oli pada dashboard (warna merah) nyala tetapi meredup saat di starter,
    90% aki anda rusak atau kurang setrum.
3. Terdengar nada " gemeretek " berulang lagi 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki
    kotor atau kabel ground anda telah korosi.
4. Terdengar nada mesin berputar namun lemah seperti " ngeek.. ngek... ngek.... ". 75% bushing starter aus
    hingga anker starter telah tak bisa berputar pada sumbunya maka rotasinya jadi benar-benar berat. 10%
    ada kemungkinan mesin anda terlampau berat untuk diputar, umpamanya berlangsung rusaknya pada 
    crank shaft, system timing dan lain-lain.
5. Terdengar nada, "Klo tak" satu barangkali setiap saat memutar kunci kontak... 50% switch starter atau
    yang dimaksud solenoid switch  tidak berperan dengan baik. 50% kunci kontak anda kotor atau sudah
    aus.
6. Starter kadang-kadang diawali dengan nada berat lalu mudah serta mesin hidup. Umumnya hal
    semacam ini terjadi karena kekeliruan penyetelan Fur serta Na.. delco.
7. Pagi hari tak bisa starter, pada siang hari starter lancar. 80% aki telah soak tak bisa menaruh setrum
    untuk saat yang lama.
8. Waktu pagi gampang starter, bila telah digunakan agak lama (panas) sulit starter. 80% switch
    starter/solenoid switch anda rusak.
9. Waktu distarter tak ada reaksi sekalipun, tak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau
    terbakar/korslet. 50% Kunci kontak anda punya masalah. Kadang-kadang cuma socket switch starter
    yang terlepas.
10. Waktu distarter terdengar nada dinamo starter mutar mendesing kencang " ssing... " 80% bendix
      starter anda Dull/dol.
11. Kadang-kadang dapat starter kadang-kadang tak, baik dalam situasi panas ataupun dingin, pagi atau
      malam. 75% Carbon Brush starter anda telah pendek.

Sesudah pelajari gejala2 yang timbul, supaya lebih detil tahu penyakit mobil anda, yang perlu dikerjakan yaitu :

1. Kerjakan penelusuran Voltase battery anda. Battery yang bagus umumnya voltasenya tidak di bawah
   12.4V, bila di bawah itu barangkali mungkin starter tetapi untuk tidak starter panjang serta berulang lagi.
2. Bila analisis dari tanda-tanda gejala yang timbul di atas jadikan starter untuk tersangka utama maka
    kerjakan pengetesan starter dengan cara segera. Lewat cara memadukan sumber setrum pada switch
    starter umumnya baut 12, dan terhubung kabel tembaga yang besar yg terhubung langsung dengan
    terminal (+) strum accu/battery, dengan terminal kunci kontak yang terdapat di switch starter juga
    (disamping kiri yang ada satu kabel kecil terpasang padanya. Cabut kabel itu maka bakal tampak suatu
    terminal kecil). "SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI 
    PADA POSISI NETRAL" Padukan dengan kabel atau obeng logam. Pada keadaan normal maka
    starter bakal memutar mesin. Bila iya bermakna kunci kontak anda bermasalah. Bila tidak cobalah
    kerjakan pengetesan no 3.
3. Bila langkah di atas belum bisa mempersempit persoalan kerjakan penggabungan terminal satu dengan
    terminal yang satunya yakni berbentuk dua terminal baut 12 yang ada pada switch starter.
    Pada keadaan normal semestinya Starter bakal memutar dengan kencang tiada memutar mesin. (karena
    gigi bendix tak didorong oleh switch starter jadi tak memutar flw wheel). bila tak maka persoalan besar
    kemungkinan ada pada dinamo starter anda, dapat lantaran gulungan yang terbakar atau brush starter
    yang habis. dapat juga karena kabel penghubung strum anda dari aki ke starter tak terhubung dengan
    cara yang benar.

Comments

  1. Kontak of tp koil panas, mohon bantuannya suhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kabel yg ke coil, seharusnya strumnya hanya ada pada saat kontak on, klo kontak off tidak ada strum. Kemungkinan kabelnya yg ke koil strum langsung dari aki.

      Delete

Post a Comment