Selamat datang kembali Forsa
mania,
Kembali lagi dengan saya admin yang selalu membagikan informasi dan tips seputar suzuki forsa. Kali ini saya akan bahas tentang Masalah Starter Suzuki forsa, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start Suzuki Forsa. Janganlah anda panik terlebih dahulu, karena mobil anda tiba-tiba tidak dapat starter.
Sebagai langkah awal untuk mendiagnosa Yang perlu anda kerjakan yaitu pelajari gejala2 yang timbul waktu starter tidak ingin bekerja, dari gejala2 itu bisa di tebak kemungkinan sumber rusaknya.
Gejala2 tanda-tanda yang kerap nampak pada waktu kita start diantaranya :
1. Lampu indikator battery serta Oli pada dashboard tak menyala sekalipun. 75%, kabel accu/battery
longgar atau lepas, Sikring/Fuse utama putus, kemungkinan lain yaitu kepala aki kotor atau aki anda
terkuras keseluruhan setrumnya (jarang sekali terjadi).
2. Lampu indikator battery serta oli pada dashboard (warna merah) nyala tetapi meredup saat di starter,
90% aki anda rusak atau kurang setrum.
3. Terdengar nada " gemeretek " berulang lagi 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki
kotor atau kabel ground anda telah korosi.
4. Terdengar nada mesin berputar namun lemah seperti " ngeek.. ngek... ngek.... ". 75% bushing starter aus
hingga anker starter telah tak bisa berputar pada sumbunya maka rotasinya jadi benar-benar berat. 10%
ada kemungkinan mesin anda terlampau berat untuk diputar, umpamanya berlangsung rusaknya pada
crank shaft, system timing dan lain-lain.
5. Terdengar nada, "Klo tak" satu barangkali setiap saat memutar kunci kontak... 50% switch starter atau
yang dimaksud solenoid switch tidak berperan dengan baik. 50% kunci kontak anda kotor atau sudah
aus.
6. Starter kadang-kadang diawali dengan nada berat lalu mudah serta mesin hidup. Umumnya hal
semacam ini terjadi karena kekeliruan penyetelan Fur serta Na.. delco.
7. Pagi hari tak bisa starter, pada siang hari starter lancar. 80% aki telah soak tak bisa menaruh setrum
untuk saat yang lama.
8. Waktu pagi gampang starter, bila telah digunakan agak lama (panas) sulit starter. 80% switch
starter/solenoid switch anda rusak.
9. Waktu distarter tak ada reaksi sekalipun, tak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau
terbakar/korslet. 50% Kunci kontak anda punya masalah. Kadang-kadang cuma socket switch starter
yang terlepas.
10. Waktu distarter terdengar nada dinamo starter mutar mendesing kencang " ssing... " 80% bendix
starter anda Dull/dol.
11. Kadang-kadang dapat starter kadang-kadang tak, baik dalam situasi panas ataupun dingin, pagi atau
malam. 75% Carbon Brush starter anda telah pendek.
Sesudah pelajari gejala2 yang timbul, supaya lebih detil tahu penyakit mobil anda, yang perlu dikerjakan yaitu :
1. Kerjakan penelusuran Voltase battery anda. Battery yang bagus umumnya voltasenya tidak di bawah
12.4V, bila di bawah itu barangkali mungkin starter tetapi untuk tidak starter panjang serta berulang lagi.
2. Bila analisis dari tanda-tanda gejala yang timbul di atas jadikan starter untuk tersangka utama maka
kerjakan pengetesan starter dengan cara segera. Lewat cara memadukan sumber setrum pada switch
starter umumnya baut 12, dan terhubung kabel tembaga yang besar yg terhubung langsung dengan
terminal (+) strum accu/battery, dengan terminal kunci kontak yang terdapat di switch starter juga
(disamping kiri yang ada satu kabel kecil terpasang padanya. Cabut kabel itu maka bakal tampak suatu
terminal kecil). "SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI
PADA POSISI NETRAL" Padukan dengan kabel atau obeng logam. Pada keadaan normal maka
starter bakal memutar mesin. Bila iya bermakna kunci kontak anda bermasalah. Bila tidak cobalah
kerjakan pengetesan no 3.
3. Bila langkah di atas belum bisa mempersempit persoalan kerjakan penggabungan terminal satu dengan
terminal yang satunya yakni berbentuk dua terminal baut 12 yang ada pada switch starter.
Pada keadaan normal semestinya Starter bakal memutar dengan kencang tiada memutar mesin. (karena
gigi bendix tak didorong oleh switch starter jadi tak memutar flw wheel). bila tak maka persoalan besar
kemungkinan ada pada dinamo starter anda, dapat lantaran gulungan yang terbakar atau brush starter
yang habis. dapat juga karena kabel penghubung strum anda dari aki ke starter tak terhubung dengan
cara yang benar.
Kembali lagi dengan saya admin yang selalu membagikan informasi dan tips seputar suzuki forsa. Kali ini saya akan bahas tentang Masalah Starter Suzuki forsa, Gejala, dan Tanda-Tanda Ketika Kita Start Suzuki Forsa. Janganlah anda panik terlebih dahulu, karena mobil anda tiba-tiba tidak dapat starter.
Sebagai langkah awal untuk mendiagnosa Yang perlu anda kerjakan yaitu pelajari gejala2 yang timbul waktu starter tidak ingin bekerja, dari gejala2 itu bisa di tebak kemungkinan sumber rusaknya.
Gejala2 tanda-tanda yang kerap nampak pada waktu kita start diantaranya :
1. Lampu indikator battery serta Oli pada dashboard tak menyala sekalipun. 75%, kabel accu/battery
longgar atau lepas, Sikring/Fuse utama putus, kemungkinan lain yaitu kepala aki kotor atau aki anda
terkuras keseluruhan setrumnya (jarang sekali terjadi).
2. Lampu indikator battery serta oli pada dashboard (warna merah) nyala tetapi meredup saat di starter,
90% aki anda rusak atau kurang setrum.
3. Terdengar nada " gemeretek " berulang lagi 75% aki anda rusak atau kurang setrum. 20% kepala aki
kotor atau kabel ground anda telah korosi.
4. Terdengar nada mesin berputar namun lemah seperti " ngeek.. ngek... ngek.... ". 75% bushing starter aus
hingga anker starter telah tak bisa berputar pada sumbunya maka rotasinya jadi benar-benar berat. 10%
ada kemungkinan mesin anda terlampau berat untuk diputar, umpamanya berlangsung rusaknya pada
crank shaft, system timing dan lain-lain.
5. Terdengar nada, "Klo tak" satu barangkali setiap saat memutar kunci kontak... 50% switch starter atau
yang dimaksud solenoid switch tidak berperan dengan baik. 50% kunci kontak anda kotor atau sudah
aus.
6. Starter kadang-kadang diawali dengan nada berat lalu mudah serta mesin hidup. Umumnya hal
semacam ini terjadi karena kekeliruan penyetelan Fur serta Na.. delco.
7. Pagi hari tak bisa starter, pada siang hari starter lancar. 80% aki telah soak tak bisa menaruh setrum
untuk saat yang lama.
8. Waktu pagi gampang starter, bila telah digunakan agak lama (panas) sulit starter. 80% switch
starter/solenoid switch anda rusak.
9. Waktu distarter tak ada reaksi sekalipun, tak ada bunyi. 50% gulungan starter anda Hangus atau
terbakar/korslet. 50% Kunci kontak anda punya masalah. Kadang-kadang cuma socket switch starter
yang terlepas.
10. Waktu distarter terdengar nada dinamo starter mutar mendesing kencang " ssing... " 80% bendix
starter anda Dull/dol.
11. Kadang-kadang dapat starter kadang-kadang tak, baik dalam situasi panas ataupun dingin, pagi atau
malam. 75% Carbon Brush starter anda telah pendek.
Sesudah pelajari gejala2 yang timbul, supaya lebih detil tahu penyakit mobil anda, yang perlu dikerjakan yaitu :
1. Kerjakan penelusuran Voltase battery anda. Battery yang bagus umumnya voltasenya tidak di bawah
12.4V, bila di bawah itu barangkali mungkin starter tetapi untuk tidak starter panjang serta berulang lagi.
2. Bila analisis dari tanda-tanda gejala yang timbul di atas jadikan starter untuk tersangka utama maka
kerjakan pengetesan starter dengan cara segera. Lewat cara memadukan sumber setrum pada switch
starter umumnya baut 12, dan terhubung kabel tembaga yang besar yg terhubung langsung dengan
terminal (+) strum accu/battery, dengan terminal kunci kontak yang terdapat di switch starter juga
(disamping kiri yang ada satu kabel kecil terpasang padanya. Cabut kabel itu maka bakal tampak suatu
terminal kecil). "SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI
PADA POSISI NETRAL" Padukan dengan kabel atau obeng logam. Pada keadaan normal maka
starter bakal memutar mesin. Bila iya bermakna kunci kontak anda bermasalah. Bila tidak cobalah
kerjakan pengetesan no 3.
3. Bila langkah di atas belum bisa mempersempit persoalan kerjakan penggabungan terminal satu dengan
terminal yang satunya yakni berbentuk dua terminal baut 12 yang ada pada switch starter.
Pada keadaan normal semestinya Starter bakal memutar dengan kencang tiada memutar mesin. (karena
gigi bendix tak didorong oleh switch starter jadi tak memutar flw wheel). bila tak maka persoalan besar
kemungkinan ada pada dinamo starter anda, dapat lantaran gulungan yang terbakar atau brush starter
yang habis. dapat juga karena kabel penghubung strum anda dari aki ke starter tak terhubung dengan
cara yang benar.
Mantep
ReplyDeleteKontak of tp koil panas, mohon bantuannya suhu.
ReplyDeleteCoba cek kabel yg ke coil, seharusnya strumnya hanya ada pada saat kontak on, klo kontak off tidak ada strum. Kemungkinan kabelnya yg ke koil strum langsung dari aki.
DeleteForza oke
ReplyDelete