Suzuki Cultus adalah mobil supermini yang pertama kali dipamerkan pada Tokyo Motor Show yang ke 25, Secara resmi diperkenalkan ke pasar domestik Jepang pada tahun 1983 dan akhirnya diproduksi di tujuh negara terdapat tiga generasi dan dipasarkan di seluruh dunia dengan beberapa nama sebutan - Lebih dikenal sebagai Suzuki Swift, Geo Metro, dan Holden Barina. Ditawarkan dalam empat variasi bentuk dengan mesin dari keluarga mesin G Suzuki, Cultus generasi kedua masih diproduksi di Pakistan. Cultus telah dipasarkan di Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Eropa. Walaupun tidak pernah secara resmi dipasarkan di Selandia Baru, Cultus juga diimpor dan dijual di pasar sekunder. Cultus Nama berasal dari kultus Latin, yang berarti "perawatan" atau "pemujaan."
Nama Lain: Suzuki SA-310/SA-413, Suzuki Swift, Suzuki Khyber, Suzuki Forsa,
Holden Barina,Chevrolet Sprint/Sprint Metro, Pontiac Firefly (Canada),
Isuzu Geminett (JDM).
Tahun Produksi: 1983–1988
Tempat Perakitan: Kosai Japan, Bogotá Colombia, Quito Ecuador (Aymesa),
Nairobi Kenya, Pekan Malaysia (DRB-HICOM),
Trentham, New Zealand (GMNZ).
Body style: 3/5-door hatchback
Layout : Front-engine, front-wheel-drive layout
Wheelbase: 3-door: 2,245 mm (88.4 in)
5-Door: 2,345 mm (92.3 in)
Length: 3-door: 3,585 mm (141.1 in)
Export: 3,670 mm (144.5 in)
5-Door: 3,685 mm (145.1 in)
Export: 3,770 mm (148.4 in)
Width: 1,530 mm (60.2 in)
Export: 1,545 mm (60.8 in)
Height: 1,350 mm (53.1 in)
Curb weight: 620 kg (1,367 lb)-750 kg (1,653 lb)
Generasi pertama dari Cultus dirancang dan dikembangkan oleh Suzuki untuk Pasar Domestik Jepang (JDM) dan diperkenalkan sebagai SA310 1983, yang kemudian berubah nama menjadi Cultus. GM dan Suzuki telah membentuk aliansi pada tahun 1981, sehingga GM mampu memasarkan Cultus sebagai Captive import, diperkenalkan ke pasar Amerika Utara sebagai 1985 Chevrolet Sprint. Dimulai pada tahun 1985, Cooper Motor Corporation (CMC) dari Nairobi, Kenya, juga merakit SA310. Perakitan Selandia Baru (dengan nama Suzuki Swift tetapi juga dijual dengan nama Holden Barina) dimulai pada tahun 1985.
Nama Sebutan Market Body
1983–1988 Suzuki Cultus Japan 3/5 a.
1985–1988 Suzuki Forsa Canada 3/5 b.
1986–1990 Suzuki Forsa Indonesia 3/5
1985–1988 Chevrolet Sprint N. America 3/5 c.
1987–2004 Chevrolet Sprint Colombia 5 d.
1985–1988 Holden Barina Australia 5
1985–1988 Pontiac Firefly Canada 3/5
3= 3-Pintu hatchback
5= 5-Pintu hatchback
a. Pada awalnya dijual dengan nama SA-310
b. Juga Hawaii, Guam, N. Marianas and Uji Pasar di USA di 48 negara bagian.
c. Canada's "Chevrolet" Sprint model diproduksi hingga tahun 1991
d. Diproduksi di GM Colmotores, Bogotá, Colombia
1984 - Suzuki dan General Motors mengumumkan mereka akan menjual model rebadged
dari Suzuki Cultus di Amerika Utara sebagai Chevrolet dan Pontiac, dan Suzuki
menjual versi mereka sendiri sebagai Forsa.
1985 - GM mulai memasarkan di Amerika Utara sebagai Chevrolet Sprint. Mobil ini juga
dijual sebagai Suzuki Forsa dan Pontiac Firefly di Kanada. Chevrolet Sprint hanya
dijual di Amerika Serikat Barat sampai tahun 1986.
1986 - Chevrolet Sprint memulai penjualan nasional di AS. Konsumen Sprint punya pilihan
Mesin, Model Base dan model Turbo. Firefly dipasarkan dalam tiga model FE,
Turbo, dan Base.
1987 - Nama Metro pertama kali muncul terinspirasi oleh Chevrolet Sprint, yaitu
"Chevrolet Sprint Metro."
1988 - Produksi pertama Geo Metro model dimulai di pabrik Suzuki diHamamatsu, Jepang.
Chevrolet Sprint
Chevrolet Sprint dijual di Amerika Serikat dan Kanada, sementara GM terus memasarkan Chevette sampai dengan tahun 1987 bersama Sprint. Pada tahun 1988, model hatchback dinamakan Chevrolet Sprint Metro.
"Sprint" dan "Sprint Metro" mempunyai mesin yg berbeda, Meskipun keduanya memakai sistem karburator yang dikendalikan komputer. Dari tahun 1985 sampai 1988, Karburator mesin 1,0 L-3 silinder menggunakan desain kepala hemispherical. Kemudian memakai sistem injeksi sehingga pada tahun 1989 kepala silinder dirancang ulang untuk menambahkan pendinginan tambahan yang diperlukan, untuk mengurangi gas buang.
Sprint awalnya ditawarkan di sebagian kawasan AS barat untuk model tahun 1985, kemudian Chevrolet memasarkan Sprint di Amerika Utara. Semua model awalnya 3- pintu hatchback. Mulai tahun 1986, versi hatchback lima pintu ditawarkan, yang disebut Sprint Plus. Tahun itu juga, model lain yang disebut Sprint ER ditawarkan yang dengan beberapa fitur tambahan, seperti lampu "upshift" untuk menunjukkan kecepatan yang ideal untuk berpindah gigi yang lebih tinggi pada model transmisi manual. Meskipun AC tersedia di semua tahun, transmisi otomatis tiga kecepatan tidak ditawarkan sampai tahun 1986. Semua model berfitur penggerak roda depan dan ban 12 inci.
Mesin Versi turbocharged 1.0 L 3-silinder tersedia di Turbo Sprint di Amerika Serikat dan Kanada. Warna terbatas pada warna merah, putih dan biru untuk Turbo Sprint. Di Amerika Serikat, Sampai dengan dikenalkan Geo Metro (Cultus generasi kedua), tapi di Kanada tetap dipasarkan.
Kolumbia
"Chevette Sprint" pada awalnya akan dipakai untuk "Chevrolet Sprint" (generasi pertama) di Kolombia untuk membedakannya dari kit Opel knock down yang diimpor dari Brasil. Ketika diperkenalkan pada tanggal 7 Oktober 1986, Sprint menyebabkan sensasi. Sedikit modifikasi dibuat pada tahun 1987, termasuk meningkatkan ukuran roda dari 12 "ke 13" dan Sprint tetap diproduksi dengan tanpa perubahan berarti hingga tahun 2004, dengan total produksi 70.848.
Nama Lain: Suzuki SA-310/SA-413, Suzuki Swift, Suzuki Khyber, Suzuki Forsa,
Holden Barina,Chevrolet Sprint/Sprint Metro, Pontiac Firefly (Canada),
Isuzu Geminett (JDM).
Tahun Produksi: 1983–1988
Tempat Perakitan: Kosai Japan, Bogotá Colombia, Quito Ecuador (Aymesa),
Nairobi Kenya, Pekan Malaysia (DRB-HICOM),
Trentham, New Zealand (GMNZ).
Body style: 3/5-door hatchback
Layout : Front-engine, front-wheel-drive layout
Wheelbase: 3-door: 2,245 mm (88.4 in)
5-Door: 2,345 mm (92.3 in)
Length: 3-door: 3,585 mm (141.1 in)
Export: 3,670 mm (144.5 in)
5-Door: 3,685 mm (145.1 in)
Export: 3,770 mm (148.4 in)
Width: 1,530 mm (60.2 in)
Export: 1,545 mm (60.8 in)
Height: 1,350 mm (53.1 in)
Curb weight: 620 kg (1,367 lb)-750 kg (1,653 lb)
Generasi pertama dari Cultus dirancang dan dikembangkan oleh Suzuki untuk Pasar Domestik Jepang (JDM) dan diperkenalkan sebagai SA310 1983, yang kemudian berubah nama menjadi Cultus. GM dan Suzuki telah membentuk aliansi pada tahun 1981, sehingga GM mampu memasarkan Cultus sebagai Captive import, diperkenalkan ke pasar Amerika Utara sebagai 1985 Chevrolet Sprint. Dimulai pada tahun 1985, Cooper Motor Corporation (CMC) dari Nairobi, Kenya, juga merakit SA310. Perakitan Selandia Baru (dengan nama Suzuki Swift tetapi juga dijual dengan nama Holden Barina) dimulai pada tahun 1985.
Nama Sebutan Market Body
1983–1988 Suzuki Cultus Japan 3/5 a.
1985–1988 Suzuki Forsa Canada 3/5 b.
1986–1990 Suzuki Forsa Indonesia 3/5
1985–1988 Chevrolet Sprint N. America 3/5 c.
1987–2004 Chevrolet Sprint Colombia 5 d.
1985–1988 Holden Barina Australia 5
1985–1988 Pontiac Firefly Canada 3/5
3= 3-Pintu hatchback
5= 5-Pintu hatchback
a. Pada awalnya dijual dengan nama SA-310
b. Juga Hawaii, Guam, N. Marianas and Uji Pasar di USA di 48 negara bagian.
c. Canada's "Chevrolet" Sprint model diproduksi hingga tahun 1991
d. Diproduksi di GM Colmotores, Bogotá, Colombia
Suzuki Swift, Gen I
(Marketed by Pak-Suzuki Motor Co.) |
Suzuki Swift Gen I (Rear View) |
American markets
Pada Awalnya dipasarkan dengan nama Suzuki Forsa, dipasarkan di Ekuador, Chili, Kanada dan Amerika Serikat, (sedikit) mulai tahun 1985-1988. Suzuki menawarkan mobil supermini dengan karburator 1,0 L inline-3 silinder maupun injeksi 1,0 L inline 3 silinder turbocharged. Mobil memiliki jangkauan jauh lebih besar di Amerika Utara sebagai Chevrolet Sprint dan Pontiac Firefly. Suzuki awalnya tidak memasarkan Forsa di daratan Amerika, melainkan hanya di Hawaii, Guam dan Mariana Utara. Dengan Jumlah yang sedikit beberapa model Forsa diimpor ke daratan AS untuk menguji kelayakan komersial dari supermini di AS. Untuk pemasaran Forsa di AS, tercatat di situs EPA Fuel Mileage mencatat model 1985 sebagai Suzuki SA310 (nama asli JDM untuk Cultus, Forsa dan Swift), tidak ada catatan untuk model 1986 - untuk Forsa dan Forsa Turbo untuk model 1987 dan 1988. Untuk Amerika Utara, Suzuki berubah nama dari Forsa ke Swift. Pada tahun 1989 dikenalkan untuk generasi kedua.1984 - Suzuki dan General Motors mengumumkan mereka akan menjual model rebadged
dari Suzuki Cultus di Amerika Utara sebagai Chevrolet dan Pontiac, dan Suzuki
menjual versi mereka sendiri sebagai Forsa.
1985 - GM mulai memasarkan di Amerika Utara sebagai Chevrolet Sprint. Mobil ini juga
dijual sebagai Suzuki Forsa dan Pontiac Firefly di Kanada. Chevrolet Sprint hanya
dijual di Amerika Serikat Barat sampai tahun 1986.
1986 - Chevrolet Sprint memulai penjualan nasional di AS. Konsumen Sprint punya pilihan
Mesin, Model Base dan model Turbo. Firefly dipasarkan dalam tiga model FE,
Turbo, dan Base.
1987 - Nama Metro pertama kali muncul terinspirasi oleh Chevrolet Sprint, yaitu
"Chevrolet Sprint Metro."
1988 - Produksi pertama Geo Metro model dimulai di pabrik Suzuki diHamamatsu, Jepang.
Chevrolet Sprint
Chevrolet Sprint dijual di Amerika Serikat dan Kanada, sementara GM terus memasarkan Chevette sampai dengan tahun 1987 bersama Sprint. Pada tahun 1988, model hatchback dinamakan Chevrolet Sprint Metro.
"Sprint" dan "Sprint Metro" mempunyai mesin yg berbeda, Meskipun keduanya memakai sistem karburator yang dikendalikan komputer. Dari tahun 1985 sampai 1988, Karburator mesin 1,0 L-3 silinder menggunakan desain kepala hemispherical. Kemudian memakai sistem injeksi sehingga pada tahun 1989 kepala silinder dirancang ulang untuk menambahkan pendinginan tambahan yang diperlukan, untuk mengurangi gas buang.
Sprint awalnya ditawarkan di sebagian kawasan AS barat untuk model tahun 1985, kemudian Chevrolet memasarkan Sprint di Amerika Utara. Semua model awalnya 3- pintu hatchback. Mulai tahun 1986, versi hatchback lima pintu ditawarkan, yang disebut Sprint Plus. Tahun itu juga, model lain yang disebut Sprint ER ditawarkan yang dengan beberapa fitur tambahan, seperti lampu "upshift" untuk menunjukkan kecepatan yang ideal untuk berpindah gigi yang lebih tinggi pada model transmisi manual. Meskipun AC tersedia di semua tahun, transmisi otomatis tiga kecepatan tidak ditawarkan sampai tahun 1986. Semua model berfitur penggerak roda depan dan ban 12 inci.
Mesin Versi turbocharged 1.0 L 3-silinder tersedia di Turbo Sprint di Amerika Serikat dan Kanada. Warna terbatas pada warna merah, putih dan biru untuk Turbo Sprint. Di Amerika Serikat, Sampai dengan dikenalkan Geo Metro (Cultus generasi kedua), tapi di Kanada tetap dipasarkan.
Kolumbia
"Chevette Sprint" pada awalnya akan dipakai untuk "Chevrolet Sprint" (generasi pertama) di Kolombia untuk membedakannya dari kit Opel knock down yang diimpor dari Brasil. Ketika diperkenalkan pada tanggal 7 Oktober 1986, Sprint menyebabkan sensasi. Sedikit modifikasi dibuat pada tahun 1987, termasuk meningkatkan ukuran roda dari 12 "ke 13" dan Sprint tetap diproduksi dengan tanpa perubahan berarti hingga tahun 2004, dengan total produksi 70.848.
Chevrolet Sprint Turbo, Gen I |
Chevrolet Sprint Gen I (Colombia) |
Comments
Post a Comment