Suzuki Cultus Pertama kali masuk indonesia tahun 1985 dengan mesin (1000cc) 1.0 L, 3-silinder, dinamai Suzuki SA-310, atau lebih dikenal dengan nama Suzuki Swift, (klik Link Untuk lebih lanjut tentang Suzuki Swift) dengan model sedan hatchback 3 Pintu. Terdapat 2 varian GA dan GL.
Pada tahun 1986 barulah dikenalkan Suzuki Forsa dengan bentuk sedan hatchback 5 Pintu, bermesin (1000cc) 1,0L, 4-silinder. Dengan sistem berpenggerak roda depan dengan memakai transmisi 5 speed kecepatan. Suzuki Forsa mempunyai Top Speed diatas 100 km/jam. Dengan desain sederhana dari Suzuki Jepang, Suzuki Cultus (swift dan forsa) di Jepang mulai diproduksi sekitar tahun 1983, akan tetapi di Indonesia, mulai didatangkan oleh INDOMOBIL Grup sejak tahun 1985. Untuk model tahun 1986 atau model pertama ada perbedaan sedikit pada bodi bagian belakang saja dengan tahun-tahun diatasnya.
Untuk mesin dari tahun 1986 sampai tahun 1990 sama. Menggunakan Mesin Suzuki F10A.
Pengguna Mesin Suzuki F10A — 1.0 L (970 cc/59 cu in, 65.5 x 72.0 mm)
Pada tahun 1987 untuk mobil-mobil Sedan buatan Jepang aksesoris power window merupakan barang yang mewah sebagai fasilitas sebuah mobil, padahal pangsa pasar Suzuki Forsa merupakan kalangan menengah kebawah, tidak seperti mobil sedan buatan Honda seperti Civic dan Accord yang mentargetkan pasar menengah keatas untuk menyaingi mobil-mobil sedan keluaran Amerika dan Eropa untuk pasar Asia termasuk Indonesia.
Makanya Suzuki Forsa type GLX yaitu antara tahun 1988 sampai 1990 merupakan mobil sedan laris dan banyak digemari anak muda jaman itu, dikarenakan sangat irit dan murah dengan fasilitas mewah.
Suzuki SA310 GA/Swift GA |
Suzuki SA310 GA/Swift GA |
Mesin SA310 |
Pada tahun 1986 barulah dikenalkan Suzuki Forsa dengan bentuk sedan hatchback 5 Pintu, bermesin (1000cc) 1,0L, 4-silinder. Dengan sistem berpenggerak roda depan dengan memakai transmisi 5 speed kecepatan. Suzuki Forsa mempunyai Top Speed diatas 100 km/jam. Dengan desain sederhana dari Suzuki Jepang, Suzuki Cultus (swift dan forsa) di Jepang mulai diproduksi sekitar tahun 1983, akan tetapi di Indonesia, mulai didatangkan oleh INDOMOBIL Grup sejak tahun 1985. Untuk model tahun 1986 atau model pertama ada perbedaan sedikit pada bodi bagian belakang saja dengan tahun-tahun diatasnya.
Suzuki Forsa Generasi Pertama |
Suzuki Forsa Generasi Pertama |
Suzuki Forsa glx |
Suzuki Forsa glx |
Mesin F10A |
Untuk mesin dari tahun 1986 sampai tahun 1990 sama. Menggunakan Mesin Suzuki F10A.
Pengguna Mesin Suzuki F10A — 1.0 L (970 cc/59 cu in, 65.5 x 72.0 mm)
- 1979–1982 Suzuki SC100
- 1982–1985 Suzuki Jimny 1000/SJ410/Samurai 1.0 (India: Maruti Gypsy, Pakistan: Suzuki Potohar)
- January 1983– Suzuki Carry ST100
- Suzuki Super Carry aka Bedford Rascal, Vauxhall Rascal, Ford Pronto, and Holden Scurry.
- Suzuki Cultus/Swift/Forsa SF410 (only offered in certain developing markets)
- 2000–2012 Suzuki Alto RA410 (Pakistan)
- Maruti 1000 (India)
-
-
-
- Mesin 970 cc F10A engine seperti juga 870 cc (62.0 x 72.0 mm, LJ462Q) and 1,051 cc (65.5 x 78.0 mm, LJ465Q) saat ini masih diproduksi di Cina dan digunakan dalam sejumlah kendaraan.
-
-
Pada tahun 1987 untuk mobil-mobil Sedan buatan Jepang aksesoris power window merupakan barang yang mewah sebagai fasilitas sebuah mobil, padahal pangsa pasar Suzuki Forsa merupakan kalangan menengah kebawah, tidak seperti mobil sedan buatan Honda seperti Civic dan Accord yang mentargetkan pasar menengah keatas untuk menyaingi mobil-mobil sedan keluaran Amerika dan Eropa untuk pasar Asia termasuk Indonesia.
Makanya Suzuki Forsa type GLX yaitu antara tahun 1988 sampai 1990 merupakan mobil sedan laris dan banyak digemari anak muda jaman itu, dikarenakan sangat irit dan murah dengan fasilitas mewah.
Sy merasa kesulitan untuk beli "Bos Kaliperkit Depan" untuk Suzuki Forsa GL tahun 1986, barangkali ada yang tahu....mohon informasinya.
ReplyDelete