Tentang Ban Dan Velg Suzuki Forsa


OFFSET/ET VELG
offset_copy_copy

Offset/ET adalah ukuran ketebalan bagian belakang velg yang langsung menempel kepada tromol pada roda mobil. Disamping ialah gambar penampang melintang dari sebuah velg. Semakin besar offset/ET maka bila dipasangkan velg akan semakin kedalam fender mobil.
Contohnya velg dengan offset 45 apabila dipasangkan pada mobil posisinya akan lebih masuk daripada velg dengan offset 25.
Tetapi ada beberapa faktor yang harus
diperhatikan, apabila velg dengan offset terlalu besar maka ada kemungkinan velg akan mentok dengan bagian dalam komponen mobil seperti spakbor dalam, batang shockbreaker, mangkok per atau yang lainnya dan juga sebaliknya apabila velg dengan offset terlalu kecil maka ada resiko velg akan menyentuh fender mobil.
Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum membeli velg tertentu yang akan dipakai pada mobil anda.
OFFSET/ET DAN PCD VELG UNTUK SUZUKI FORSA 
Offset/ET untuk Suzuki Forsa adalah sbb: 
LEBAR : 6" (inch)
OFFSET : +38 sampe +45
PCD: 114 

pcd.jpg
PCD VELG
PCD adalah singkatan dari Pitch Circle Diameter dimana mempunyai arti jarak lubang baut pada velg.
Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda.
Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100mm (R50mm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda.
Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris.
 


List PCD untuk beberapa mobil tercantum sbb:
PCD 100 H 4  (Hole/Lubang baut roda):

- MITSUBISHI Lancer Evo
- SUZUKI Baleno,Swift
- BMW M10/M40
- TOYOTA Starlet,Corolla,Yaris,Soluna,Vios..
- HONDA Civic,Genio,Estillo..
PCD 114 H 4  (Hole/Lubang baut roda):
- SUZUKI Forsa,Amenity,Carry,Esteem.
- TOYOTA Kijang,Avanza,Corolla DX
- ISUZU Panther
- HONDA Maestro
- MITSUBISHI Lancer DanGan, SL ,Eterna.
LEISURE VELG AFTER THE CHANGE IS GREATER
Banyak orang bertanya bagaimana perubahan kenyamanan dalam berkendaraan setelah mengganti ukuran velg standar dengan ukuran velg yang lebih besar.Manfaat dari melakukan perubahan ukuran velg dan ban adalah :
1.Respon yang lebih baik ketika berubah arah
2.Kontak yang lebih luas dengan permukaan jalan
3.Daya cengkeram yang lebih besar
4.Pengendalian dan control yang lebih baik
5.Penampilan yang lebih keren dan lebih modern.
Dan mengenai kenyamanan, gambarannya seperti contoh di bawah ini.
Honda New City, dibekali velg 15 inch dengan ban 195/55/15 pada saat baru keluar dari pabrik. Apabila ingin mengganti dengan velg lebih besar, maka terjadi juga perubahan pada ukuran ban.
Velg 15" dengan ban 195/55/15, index ketebalan ban ukuran ini adalah : 195 x 55% = 107,5, kita memakai ini sebagai patokan kenyamanan 100%.
Velg 16" dengan ban 195/50/16, index ketebalan ban ukuran ini adalah : 195 x 50% = 97,5, kenyamanan menjadi 90,90% dari velg ukuran standar.
Velg 17" dengan ban 205/45/17,index ketebalan ban ukuran ini adalah : 205 x 45% = 92,25, kenyamanan menjadi 86,01% dari velg ukuran standar.
Velg 18" dengan ban 215/35/18,index ketebalan ban ukuran ini adalah : 215 x 35% = 75,25, kenyamanan menjadi 70,16% dari velg ukuran standar. Dari perbandingan angka ketebalan index ban maka bisa diperkirakan berapa persen kenyamanan yang akan berkurang.
MEMBACA SPESIFIKASI BAN
Dinding ban Anda, yang dikenal dengan nama “sidewall”, berisikan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengenal ban Anda. Semua ban, Semua merek, diwajibkan menyediakan informasi ini.





Tire Type” memberitahu Anda untuk kendaraan jenis apa ban ini dibuat. 
- “P” berarti ban ini dibuat untuk kendaraan pengangkut penumpang. 
- “LT” berarti ban ini dibuatuntuk"light truck" atau kendaraan pengangkut barang yang  
     tidak terlalu besar seperti pick-up.
- “Tire Width” memberitahu Anda ukuran ban diukur dari dinding yang satu ke dinding 
     yang lain. Dalam contoh ini misalnya, lebar ban adalah 215 milimeter.
- “Aspect Ratio” adalah perbandingan antara tinggi ban dan lebarnya. Dalam contoh ini 65 
    berarti tinggi ban adalah 65% dari lebar ban.
- “Construction” memberitahu Anda bagaimana ban ini dirakit. “R” berarti “radial”, yang 
     berarti bahwa benang-benang ply di tubuh ban ini yang merupakan lapisan yang  
     membentuk badan dari ban, menutupi seluruh ban dari bead ke bead. “B” berarti bahwa 
     ban ini termasuk jenis “bias construction”, yang berarti bahwa benang-benang ply dirajut 
     secara diagonal melintasi ban dari bead ke bead, dengan arah lapisan silih berganti agar 
     saling memperkuat.
- "Wheel Diameter" adalah lebar velg dari satu ujung ke ujung yang satu lagi. Diameter 
    untuk velg ini adalah 15 inci.
- "Load Index" adalah angka yang menginformasikan beban maksimum dalam kilogram 
    yang dapat dipikul oleh sebuah ban bila tekanan udaranya tepat. Anda bisa juga 
    menemukan angka beban maksimum dalam kilogram dan pon di tempat lain di dinding 
    samping ban.
- "Speed Rating" memberitahu Anda kecepatan maksimum untuk ban. “H” berarti bahwa 
    ban tersebut dapat dipakai untuk kecepatan maksimum 210 kilometer per jam. Ingatlah 
    bahwa peringkat ini hanya dimaksudkan untuk mengindikasikan kapabilitas kecepatan 
    ban, dan sama sekali TIDAK DIANJURKAN bahwa Anda melampaui batas-batas 
    kecepatan legal yang tertera di rambu-rambu lalu lintas. Selalu perhatikan batas-batas 
    kecepatan yang diperbolehkan.
CHART PERINGKAT KECEPATAN 
Setiap produsen ban menyediakan banyak ban dalam versi kecepatan tinggi untuk mengimbangi kemampuan mobil-mobil tercepat di dunia. Secara umum dianjurkan agar setiap kali anda harus mengganti ban untuk kecepatan tinggi anda menggunakan ban dengan kapabilitas yang sama atau lebih tinggi lagi. Bila mobil anda dilengkapi dengan ban-ban dengan sertifikasi peringkat kecepatan maksimum yang berbeda-beda, maka kecepatan maksimum dibatasi oleh sertifikasi kecepatan maksimum yang dimiliki ban dengan peringkat kecepatan paling rendah di mobil itu. Peringkat kecepatan tidaklah menunjukkan seberapa baik ban itu bekerja ataupun berbelok. Peringkat kecepatan hanya menjelaskan kemampuan ban itu bertahan dalam kecepatan tinggi.
Setiap Produsen ban tidak merekomendasikan penggunaan produk-produknya di luar batas-batas kecepatan legal. "DOT" berarti bahwa ban ini mematuhi semua standar keselamatan yang diterapkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat. Di sebelah DOT terdapat identifikasi atau nomor seri, yaitu kombinasi angka dan huruf sebanyak 12 digit. "UTQG" adalah singkatan dari “Uniform Tire Quality Grading”, yaitu sistem peringkat kualitas yang dikembangkan oleh Departemen Transportasi (DOT) Amerika Serikat.

TEKANAN UDARA DALAM BAN
 Adalah penting sekali untuk memeriksa tekanan udara ban anda sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan dengan menggunakan alat pengukur yang akurat. Kelebihan atau kekurangan tekanan udara akan menyebabkan keausan ban yang abnormal dan sebelum waktunya, yang pada gilirannya akan menyebabkan panas yang berlebihan, pemborosan BBM atau bahkan bahaya yang diakibatkan kerusakan ban. Periksalah tekanan ban ketika masih dalam kondisi dingin dan sudah beberapa jam tidak dijalankan. Kalau anda jalan satu kilometer saja, tekanan udara dalam ban akan meningkat dan pengukuran tidak akurat lagi. Kalau tekanan udara terus berkurang, itu tandanya ada yang tidak beres pada ban ataupun velg. Bawalah mobil anda ke dealer Ban/Tukang Ban yang profesional bila anda mengalami situasi seperti ini.
MEMERIKSA TELAPAK BAN 
Ada cara sederhana untuk memeriksa apakah telapak ban masih cukup tebal. Setiap ban untuk kendaraan penumpang, pengangkut barang berukuran kecil atau mobil komersial berukuran menengah selalu memiliki palang indikator keausan yang tercetak di telapaknya. Palang-palang ini terletak di dasar guratan telapak di beberapa lokasi pada ban. Jika ban sudah mengalami keausan sampai pada titik di mana palang-palang ini rata dengan telapak
ban, maka itu berarti ban itu sudah harus diganti.  

KEAUSAN DI BAG PINGGIR TELAPAK BAN : TEKANAN UDARA TIDAK CUKUP 
Ban tampak seperti di foto ini, kemungkinan Karena tekanan udara ban tidak mencukupi. Musuh terbesar sebuah ban adalah tekanan udara yang tidak cukup. Kondisi ini mengurangi usia telapak ban melalui keausan yang berlebihan di sudut-sudut luar atau bahu ban. Selain itu, ban-ban menjadi ekstra panas, dan ini akan mengurangi daya tahannya. Selain itu, karena tahanan bergulir semakin besar, pemakaian BBM menjadi lebih boros. Ban yang kempis membuat mobil harus bekerja lebih keras. Periksa tekanan udara ban-ban anda. Keausan yang tidak merata juga disebabkan kondisi suspensi mobil yang tidak selaras atau masalah mekanis lainnya.
KEAUSAN DI BAGIAN TENGAH TELAPAK BAN : BAN TERLALU KERAS  Kalau tekanan udara  dalam ban terlalu tinggi, bagian tengah telapak ban menanggung hampir seluruh berat mobil dan muatannya dan menjadi aus lebih cepat daripada di bagian-bagian pinggir. Keausan yang tidak merata memperpendek usia ban. Periksalah ban-ban Anda secara teratur dan jaga agar tekanan udaranya pas. Keausan yang tidak merata juga dapat diakibatkan oleh ketidaklarasan atau masalah-masalah mekanis lainnya.     
GELEMBUNG-GELEMBUNG DI TELAPAK:BAN YANG SUDAH AUS
Gelembung (juga disebut cupping , dipping atau scalloping ) biasanya terjadi pada ban-ban depan, walaupun ban-ban belakang juga dapat mengalami gelembung. Penyebabnya adalah roda-roda yang tidak imbang atau suspensi maupun sistem stir yang sudah aus.

PINGGIRAN BAN ANDA AUS DENGAN POLA MIRIP MATA GERGAJI.  
KetidakSelarasan. Apakah pinggiran-pinggiran ini mirip mata gergaji? Hal ini disebabkan gesekan ban yang tidak pas dengan permukaan Jalan. Solusinya adalah Keselarasan & Keseimbangan (Spooring & Balancing). Kedalaman telapak ban penting bagi kinerja ban tersebut. Kalau Anda merasakan daya cengkeram berkurang di waktu hujan, mungkin ban-ban Anda tidak lagi mempunyai ketebalan telapak yang cukup di ban-ban Anda. Bila ketebalan telapak ban sudah tinggal 1/16 inci, maka ban tersebut sudah harus diganti. 
PENGIMBANGAN BAN/BALANCING
Ban yang tidak imbang akan menyebabkan getaran atau vibrasi, yang pada gilirannya akan membuat pengemudi cepat merasa lelah di samping keausan telapak ban yang terlalu dini. Akibat lainnya adalah kerusakan suspensi mobil Anda. Ban-ban Anda harus diimbangkan pada waktu pertama kali dipasang di velg atau sesudah dipasang kembali setelah diperbaiki. Pengimbangan ban harus segera diperiksa begitu Anda mulai merasakan getaran.
PELARASAN KENDARAAN/SPOORING
Sebuah kendaraan dikatakan laras (aligned) bila semua komponen suspensi dan stir berada dalam keadaan baik serta semua ban dan velg berada dalam keadaan benar-benar lurus. Bila Anda mendeteksi keausan telapak ban yang tidak merata, hal ini mungkin disebabkan ketidaklarasan dan harus segera ditangani oleh profesional.
PERBAIKAN BAN
Perbaikan ban harus dilakukan oleh profesional ban yang terlatih. Prosedur reparasi yang benar mencakup pencopotan ban dari velgnya untuk pemeriksaan yang menyeluruh, kemudian penggunaan penambal dan plug untuk menutupi lubang-lubang selama masih berada dalam batas-batas yang dapat diperbaiki.

Comments